Macam - macam algoritma google

Macam - macam algoritma google

Macam - macam algoritma google


Macam - macam algoritma google  . Tahukah kalian apa itu algoritma ? suatu sistem berupa tahapan - tahapan untuk memecahkan masalah , bisa juga sekumpulan perintah yang berurutan untuk memecahkan suatu masalah disebut algoritma. Biasanya algoritma berkaitan dengan matematika dan pemrograman namun kali ini saya akan menjelaskan tentang algoritma google, lalu apa itu algoritma google ? algoritma google merupakan algoritma yang digunakan untuk menjalankan segala perintah google, google memiliki berbagai macam - macam algoritma antara lain algoritma google dance, google dinosaurus, google penguin, google pagerank, dan google hummingbird. Saya akan menjelaskan macam - macam algoritma tersebut sedetail mungkin , tetapi sebelumnya sebaiknya kita pahami lebih lanjut apa itu algoritma.

Pengertian algoritma



Pengertian algoritma bermacam - macam , salah satunya :
"Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Algoritma digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis." wikipedia.

"prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas" KBBI. 

Macam - macam algoritma google


Algoritma juga kita terapkan dalam kehidupan sehari - hari, seperti halnya membuat kopi , membuat teh, mencuci baju, dan lain - lain. Contohnya jika kita membuat sebuah teh, terlebih dahulu kita harus mempersiapkan bahan dan alat kemudian membuatnya, nah mempersiapkan alat dan bahan kemudian membuatnya dapat disebut sebagai algoritma sederhana dalam kehidupan sehari - hari untuk memecahkan masalah yaitu membuat kopi.

Lalu bagaimana proses algoritma di google, kurang lebihnya terlihat seperti ini cara kerjanya dapat anda lihat pada gambar dibawah.

Macam - macam algoritma google

Macam - macam algoritma google

Baiklah setelah saya menjelaskan apa itu algoritma, saya akan menjelaskan macam - macam algoritma google. 

Google Panda (Konten)


Macam - macam algoritma google



Algoritma google panda merupakan salah satu algoritma yang paling ditakuti oleh blogger karena algoritma ini dapat membuat PV anda turun drastis, cara kerja dari google panda adalah memfilter konten yang berkualitas, jadi jika artikel anda tidak berkualitas dan yang lebih parah copy paste, anda harus siap - siap untuk terkena pinalty dari google dan tersingkir dari SERP atau masuk ke sandbox. Google panda pertama kali rilis 23 Februari 2011 yang disebut panda/farmer update, update tersebut bertujuan untuk menyempurnakan update panda sebelumnya yang juga berfungsi memberikan pinalty pada konten yang kurang berkualitas dan copas. Anda dapat menghindari google panda dengan cara sebagai berikut :

1. Terus update artikel secara rutin.

Yang disebut dengan rutin disini adalah update artikel dengan jangka waktu yang sama setiap harinya, misal hari ini update satu artikel , maka besok update 1 artikel. Jangan pernah sekali - kali mengupdate artikel terlalu banyak sekaligus dalam satu hai , karena google juga memiliki algoritma yang mengawasi tingkah laku dari update artikel yang termasuk robot atau bukan.

2. Buat artikel yang berkualitas. ( Relevan, kualitas, kuantitas, keyword density).

Artikel yang berkualitas adalah artikel yang memiliki pembahasan yang mendalam, unik, dan bermanfaat. dan jangan lupa untuk memerhatikan keyword density, semakin banyak keyword density semakin baik, namun harus memerhatikan kesinambungan antara kata satu dengan yang lain , jangan asal menanam keyword density, untuk lebih lanjut mengenai keyword density baca di artikel berikut


Dan jangan lupa untuk memperhatikan jumlah kata dalam suatu artikel, diusahakan minimal 200 kata dan rata - rata 600 kata per artikel. Karena akan mempengaruhi posisi anda di SERP , dan yang terakhir cantumkan gambar secukupnya , diusahakan membuat gambar sendiri.


3. Jangan copas/ copy paste artikel, termasuk gambar.

Algoritma google panda dapat mendeteksi dan membedakan antara artikel yang asli dan yang palsu atau copy paste dengan cara membedakan kesamaan pola huruf artikel lama dan baru. Berhati - hatilah anda jika melakukan copy paste karena dampaknya akan terasa.

4. Jangan melakukan optimisasi SEO berlibihan. (black hat SEO)

Lakukan teknik SEO secukupnya dan sewajarnya saja, salah satu yang dianggap SEO balck hat adalah keyword density yang berlebihan, menyembunyikan keyword agar hanya dapat dibaca oleh mesin pencarian dan agar pembaca tidak membaca keyword yang disembunyikan. dan lain - lain.

Google Penguin (Backlink)

Macam - macam algoritma google


Karena terkait dengan tingkat jumlah spam yang tinggi google akhirnya meluncurkan algoritma google penguin pada 24 April 2012. Cara kerjanya adalah memfilter situs yang sering melakukan spam atau melakukan penanaman backlink berlebihan pada situs lain. Banyak situs yang terkena imbasnya dan akhirnya tersapu dari halaman pencarian google sebagai pinalty, termasuk jika blog anda berisi banyak sekali spam atau url - url di komentar maka google juga akan memfilternya , itulah sebabnya google lebih suka dengan blog atau situs yang menerapkan link nofollow karena tak rawan spam. Update penguin terbaru pada 10 Desember 2014 dengan nama update penguin everflux atau penguin 3.1. Lalu bagaimana cara mengatasi algoritma penguin :

1. Tanam backlink secukupnya.

Jangan terlalu sering menanam backlink tetapi berharaplah mendapat backlink dari orang lain agar lebih relevan, backlink yang berlebihan akan dianggap spam. nah supaya tidak dianggap spam lebih baik cantumkan url blog anda di situs directory karena disitulah tempat dimana backlink dianggap berkualitas. 

2. Jangan buat blog yang dofollow (optional).

Saya sarankan agar anda tetap setia dengan blog nofollow karena blog dofollow terlalu beresiko rawan akan spam dan google penguin tidak suka dengan spam, tetapi cara ini adalah optional atau tidak disarankan karena terbukti banyak blog yang dofollow justru sukses dan mendapat perhatian positif dari google, semua ini tergantung pada adminnya yang jarang memfilter komentar atau sebalimnya.


Google Hummingbird

Macam - macam algoritma google

Google hummingbird rilis pertama kali pada 20 Agustus 2013, algoritma google hummingbird merupakan penyempurnaan dari algoritma search index caffeine yang mengurusi pencarian, caffeine merupakan algoritma yang dapat membuat google lebih cepat mengindex dan mengcrawl dan dengan adanya algoritma hummingbird, diharapkan pencarian google lebih relevan dan lebih cepat dibandingkan dengan caffeine. Contoh dari penerapan algoritma google hummingbird ini :

Coba anda cari dengan kata kunci "COD" , maka algoritma google hummingbird akan memprosesnya dan mencari keyword yang paling berkaitan dengan keyword "COD" , dan hasil dari keyword "COD" adalah Call Of Duty dan pada urutan kedua cash o delivery. 

Algoritma ini juga dapat menerjemahkan makna dari keyword seperti keyword "terjanggal" sama dengan "aneh" .

Selain itu algoritma ini juga dapat mencari keyword turunan atau LSI atau kata kunci terkait , seperti "bunga" maka LSI nya "bunga mawar" atau "bunga merah mawar" dan lain - lain.

Macam - macam algoritma google

Google Pagerank dan Google Dance

Macam - macam algoritma google

Sebenarnya kedua algoritma ini sudah lama sekali dirilis dan pertama kali dirilis dengan google toolbar yaitu pada Desember 2000, algoritma google dance dan pagerank dibuat untuk melengkapi google toolbar yang berfungsi sebagai SEO tool bagi webmaster, walaupun kini pagerank sudah dinonaktifkan dan hanya tersisa google dance, namun blog dan situs lama masih memiliki pagerank. Namun jangan khawatir bagi anda yang situsnya belum memiliki pagerank dan sampai saat ini masih berstatus N/A karena hal ini wajar seiring dinonaktifkan algoritma pagerank. Nah apa itu google pagerank ? google pagerank adalah tolak ukur suatu situs berkualitas atau tidak dan memiliki backlink yang banyka atau tidak. Cara kerja dari google pagerank adalah dengan menghitung semua total link inbound dari sebuah situs atau backlink , semaki banyak inbound link semakin baik.

Lalu apa itu google dance ? algoritma ini sangat berkaitan dengan SERP google, dan sanagt berpengaruh terhadap kualitas konten, jika kualitas konten kurang baik maka akan turun SERP , dan jika kualitas konten bagus maka akan naik. Google dance sangat berpengaruh terhadap turun naiknya SERP karena google dance juga memperhitungkan situs lainnya, jadi jangan kaget jika situs anda naik turun di SERP.

Penerapan atribut Nofollow



Yang satu ini adalah salah satu algoritma yang sudah cukup lama diterpkan pada January 2005 dan merupakan cikal bakal lahirnya atribut nofollow untuk mengatasi adanya spam yang berlebihan yang disebabkan spam yang berada di komentar dan spam link yang berada di artikel atau outbound link, maka dari itu sekarang blogspot menyediakan fitur penambahan atribut nofolloe pada link jika dibutuhkan. Penerapan atribut ini bukan hanya dilakukan oleh google namun juga diterapkan oleh mesin pencarian seperti Yahoo, msn, Bing, microsoft, dan lain - lain. 

Baiklah cukup sudah artikel tentang "Macam - macam algoritma google " , terimakasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat , dan jika ingin mengcopas artikel ini jangan lupa untuk menyertakan link artikel ini agar menghargai karya cipta orang lain. terima kasih atas perhatiannya.

Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
Ganesha
admin
17 Mei 2015 pukul 06.22 ×

mantap gan,anda benar-benar menguasai algoritma google.

Reply
avatar
Unknown
admin
10 Juli 2015 pukul 23.50 ×

wah banyak juga ya, mungkin selanjutnya bakal ada algoritma naga, harimau dan semacamnya.. hehehe terimakasih

http://cv-pengobatan.com/pengobatan-alami-penyakit-varikokel/

Reply
avatar
11 Juli 2015 pukul 08.46 ×

rnggak juga gan =D masih newbie

Reply
avatar
5 Juli 2016 pukul 20.28 ×

Ternyata bnyak juga ya algoritma google. Yang ane tau baru pagerank sama nofollow.
Makasih infonya, ditunggu kunbalnya hehehe...

Reply
avatar
Thanks for your comment