kumpulan cara dan trik seo on page

kumpulan cara dan trik seo on page

kumpulan cara dan trik seo on page

kumpulan cara dan trik seo on page, Halo para blogger, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada kalian semua kumpulan cara dan trik seo onpage agar menjadi blogger yang baik dan dapat melakukan seo terutama seo on page dengan benar. Baiklah sebelumnya apa itu SEO? SEO adalah search engine optimal dengan kata lain pengomptimalan blog terhadap mesin pencarian terutama google. Sedangkan teknik SEO dibagi menjadi 2 bagian yaitu SEO onpage dan SEO offpage, pada artikel ini akan membahas tentang SEO onpage, lalu apa itu SEO onpage ? SEO onpage adalah teknik SEO yang dilakukan didalam blog, jadi lebih memfokuskan SEO di dalam blog, baiklah mari kita simak apa saja kumpulan cara dan trik seo on page itu , mari kita simak, berikut ulasannya :

Saya akan membagi lagi teknik SEO on page menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dipahami

A. CARA DAN TRIK SEO ON PAGE SAAT MENULIS ARTIKEL

Cara dan trik ini saya kelompokan sendiri karena dalam menulis artikel kita akan menghadapi banyak sekali teknik, trik dan cara SEO on page, berikut kumpulan cara dan trik seo on page dalam menulis artikel :

a. letakan keyword pada judul 


kumpulan cara dan trik seo on page


Ini adalah trik yang pasti dilakukan oleh semua blogger ketika menulis walaupun tidak mengetahui tentang trik ini, betapa pentingnya meletakan keyword pada judul karena judul adalah unsur yang pertama kali diperiksa oleh mesin pencarian, dalam algoritma panda google yang memeriksa kualitas konten, pertama kali algoritma panda akan melihat unsur judul, karena itulah penting kita meletakan keyword pada judul agar apa yang dicari oleh pembaca langsung ketemu dan memudahkan mesin pencarian untuk menemukan artikel kita sesuai dengan pembahasan artikel. Trik SEO on page ini dinilai sangat berpengaruh terhadap peringkat SERP , semakin unik keyword yang diletakan pada judul semakin tinggilah peringkat SERP artikel.


b. Format keyword dengan underlined, italic, dan bold

Teknik SEO on page ini saya gunakan pada artikel ini sehingga memudahkan anda untuk menganalisa , dengan menggunakan format italic, underlined dan bold memudahkan mesin pencarian untuk menemukan keyword yang dicari seperti halnya manusia , jika kita menemukan sesuatu yang special atau unik maka kita akan menandainya agar suatu saat mudah menemukannya, untuk lebih jelasnya coba lihat video ini



c. Gunakan tag h1 sampai h6

kumpulan cara dan trik seo on page


Tahukah anda apa itu tag h1 sampai h6 ? tag h1 sampai h6 merupakan format besar huruf yang berdasarkan letak, seperti tag h1 yang cocok untuk judul, tag h2 cocok untuk sub judul, tag h3 cocok untuk minor sub judul, dan seterusnya. masing masing tag h mempunyai peranan masing - masing. Trik dan cara SEO on page ini juga sangat disarankan oleh pakar SEO karena dengan meletakan keyword pada tag akan memudahkan mesin pencarian menganalisa judul keyword tersebut. Dalam blogspot format h1 sampai h4 dinamai heading, sub heading, minor, dan normal.

d. Letakan keyword pada 100 kata pertama dan 100 kata terakhir

kumpulan cara dan trik seo on page
Lihat pada gambar diatas! , dibawah judul terdapat cuplikan artikel, biasanya mesin pencarian menampilkan 100 kata pertama dan 100 kata terakhir pada cuplikan artikel, namun hal ini bisa menjadi alternatif dari deskripsi blog yang akan kita bahas nanti. Banyak para blogger profesional menerapkan cara dan trik SEO ini dan berhasil menembus tingkat SERP, coba anda perhatikan pada kalimat pertama pada artikel ini, dengan terlihat jelas bahwa saya mencantumkan keyword sesuai judul agar mesin pencarian lebih mudah dan cepat saat merender artikel. 

e. Letakan keyword pada deskripsi


kumpulan cara dan trik seo on page


Mesin pencarian dalam menganalisis suatu artikel pasti menganalisis judul kemudian barulah deskripsi, deskripsi disini sangatlah penting agar mesin pencarian tahu apa isi dari artikel tersebut. Tapi jika kita tidak meletakan keyword pada deskripsi juga tidak akan terlalu berefek pada artikel dan posisi di SERP, namun langkah, trik, dan cara SEO on page ini ada baiknya dilakukan agar lebih optimisasi blog kita, walaupun deskripsi blog juga akan diambil dari 100 kata pertama ada baiknya kita tetap meletakan keyword pada meta description. Penampakan dari meta description akan terlihat seperti ini 

kumpulan cara dan trik seo on page

Lalu mungkin anda bertanya " bagaimana jika meta description seperti diatas tidak ada pada blog saya? " Untuk masalah itu silakan lihat lebih lanjut di 


f. Letakan keyword pada url artikel 

kumpulan cara dan trik seo on page


Selain pada meta description dan pada judul , mesin pencarian pastinya akan menampilkan url artikel yang dicari, nah agar tidak mubazir disarankan anda menggunakan trik dan cara SEO on page ini yaitu meletakan keyword pada url artikel. lalu bagaimana caranya ? caranya adalah seperti gambar dibawah ini

Namun blogspot sudah menerapkan fitur url otomatis menyesuaikan dengan judul artikel jadi sangat pentingnya trik SEO on page dengan meletakan keyword pada judul sehingga secara otomatis keyword akan tertanam pada url. Tapi banyak blogger pemula pasti menemui kendala ketika mengubah url tak dapat dilakukan , hal ini karena url artikel terkunci ketika dipublish jadi harus di draf dulu atau mode draf kemudian edit , untuk artikel lebih lanjut lihat di artikel dibawah ini 


g. Meletakan outbound link 



Mungkin anda baru pertama kali menjumpai kata outbound link, penasaran apa itu outbound link? yah outbound link adalah link yang mengarah ke situs lain yang bertujuan agar pembaca mendapat referensi lebih mengenai tulisan terkait, jadi outbound link menandakan situs yang terhubung dengan kita itu memiliki keterkaitan pembahasan, lalu apa outbound link mempengaruhi SEO artikel tersebut ? jawabannya ya karena artikel yang relevan pasti mempunyai sumber referensi agar konten yang ditulis lebih menarik dan pembaca menjadi lebih paham dengan sumber aslinya serta hal ini menjadi tolak ukur suatu artikel relevan atau tidak. Trik dan cara SEO ini sudah diterapkan oleh situs - situs populer seperti wikipedia pada bagian referensi, kemudian wikia, dan lain - lain. hal ini juga mempengaruhi reputasi blog. Disarankan saat menanam outbound link gunakan atribut dofollow agar link terbuka di tab baru, seperti dibawah ini merupakan outbound link.


buka aja kalo penasaran hehe

note : jangan sekali - kali membuat link outbound dengan tulisan seperti ini : "klik disini untuk lebih lanjut" akan lebih baik tampilan link text sesuai dengan artikel asal agar lebih relevan.

Di usahakan setingannya seperti ini 
kumpulan cara dan trik seo on page

Jadi jangan checklist "add rel nofollow" agar outboundlink tidak termasuk nofollow dan terbuka pada tab baru.

h. Letakan keyword pada label

kumpulan cara dan trik seo on page


Trik dan cara SEO on page ini saya dapatkan dari teman saya yang juga blogger dan cara ini saya terapkan dan hasilnya mantab dan patut dicoba, dengan meletakan keyword pada label semakin beragam dan semakin banyak bertebaran keyword jadi semkain berpeluang artikel muncul di halaman utama google.

i. Tulis minimal 600 kata (jika bisa/optional/recomended)

Salah satu kumpulan cara dan trik seo on page adalah yaitu menulis artikel dengan minimal 600 kata, mungkin bagi anda 600 kata itu sangat banyak tetapi 600 kata merupakan rata - rata jumlah kata yang di miliki oleh artikel blog yang profesional, banyak blogger profesional pasti selalu menulis artikel mereka sebanyak 600 kata, karena banyak kata juga merupakan indikator relevan atau tidak dan baik atau bermanfaatkah artikel tersebut. Semakin banyak semakin baik , semakin banyak semakin berpeluang artikel anda muncul dihalaman pertama google dan mesin pencarian lainnya.

j. Perbanyak konten

Nah cara dan trik seo on page yang satu ini sangat direkomondasikan, karena memang itulah artikel diciptakan untuk dibaca orang dan semakin banyak konten semakin menarik untuk dibaca, semakin banyak konten semakin dalam pembahasannya dan semakin seru pula pembahasanya apalagi semakin bermanfaat.

k. Letakan keyword pada alt text dan title text gambar

kumpulan cara dan trik seo on page


Sebenarnya cara SEO on page ini hanya optional dan tidak terlalu direkomndasikan tetapi tidak ada salahnya jika kita memasukan keyword pada alt text gambar dan judul gambar agar lebih banyak keyword bertebaran.

l. Masukan keyword kedalam caption gambar(optional/not recomended)

Keyword sangatlah penting maka dari itu letakan keyword hampir disetiap sudut, keyword is every where. meskipun trik SEO on page ini kurang berefek. Diusahakan caption ditanam keyword turunan seperti Trik SEO on page, Teknik SEO on page, belajar SEO on page, dan lain - lain. 



m. Gunakan atribut nofollow terhadap external link(optional / not recomended)

Pada point sebelumnya saya menyarankan untuk menggunakan atribut dofollow alias gak pake atribut nofollow namun ada baiknya jika link tersebut jika tidak berkaitan dengan blog kita, hanya sebagai tambahan ada baiknya gunakan atribut nofollow , dengan menggunakan dan menerapkan teknik dan trik SEO on page ini dapat meningkatkan SEO score, coba lihat pada video diatas tadi.


n. Pilih longtail keyword untuk judul

kumpulan cara dan trik seo on page


Apa itu longtail keyword ? sesuai dengan namanya longtail keyword yang kata long berarti panjang dan tail berarti ekor jadi dapat disimpulkan longtail keyword adalah kata kunci panjang yang nyambung, Kenapa harus memilih longtail keyword bukannya shortail keyword ? walaupun shortail keyword berpotensi lebih dicari banyak orang tetapi pikirkanlah kompetisi menggunakan shortail keyword , sudah pasti sulit , banyak situs berpagerank menguasai shortail keyword maka dari itu daripada menggunakan shortail keyword tetapi kalah kompetisi , lebih baik menggunakan longtail keyword walaupun keyword ini panjang tetapi dengan bidikan keyword yang pas maka ketika user mencari dengan shortail keyword, jangan khawatir tidak muncul pada halaman utama , justru sekarang ini longtail keyword merupakan SEO trik on page yang wajib digunakan agar artikel berpotensi muncul di halaman pertama google. Misal :

Saya membuat artikel dengan keyword "SEO on page" (shortail keyword) maka bisa diganti dengan "penjelasan lengkap tentang SEO on page" (longtail keyword). tetapi jika user mencari dengan keyword "SEO on page" maka shortail keyword berpotensi muncul di peringkat teratas. Semua tergantung level kompetitor.

o. Pilih LSI keyword sebagai judul 

kumpulan cara dan trik seo on page


Pada point sebelumnya dijelaskan longtail keyword merupakan standar bagi judul artikel pada jaman sekarang, dengan menggabungkan keyword LSI (Laten Semantic Indexing) dan longtail keyword akan menjadi suatu perpaduan yang sempurna dan bakal berpotensi muncul diurutan pertama pencarian, tapi apa itu yang dimaksud dengan LSI ? LSI atau Laten Semantic Indexing yang berarti Laten adalah tak terlihat tetapi dapat muncul , Semantic berarti makna, dan Indexing berarti mengindeks . Jadi keyword LSI adalah keyword turunan dari keyword asli , misal :

Ketika saya mencari kata kunci "Sasuke asli " terdapat kata kunci cadangan  "Sasuke gambar asli " 

Ketika saya mencari kata kunci " meta tag " terdapat kata kunci cadangan " arti meta tag" 

jadi kesimpulannya LSI adalah keyword turunan dari yang asli, keyword yang memiliki makna yang sama dengan yang dicari, kata kunci terkait dengan kata kunci yang dicari. 


Baiklah jadi point - point yang tertulis tadi merupakan Teknik , cara dan trik SEO on page dengan kesimpulan keyword itu sangat penting dan keyword adalah yang utama dalam SEO on page, kepadatan kata kunci atau keyword destiny juga sangat berpengaruh terhadap tingkat SERP di mesin pencarian , semakin padat semakin bagus, yang terpenting keyword is every where

kumpulan cara dan trik seo onpage


B. Cara dan trik SEO on page saat mendesain template blog

Desain template merupakan salah satu trik dan cara SEO on page , desain itu sangat penting karena desain mempengaruhi tampilan dan interface blog dan tampilan dan interface blog merupakan hal yang pertama dilihat dan berinteraksi dengan pengguna, Desain yang baik adalah desain yang SEO dengan mengedepankan kenyamanan pembaca serta kenyamanan mesin pencarian dalam menelusuri struktur blog. Lalu apa saja kumpulan cara dan trik seo on page dalam mendesain template blog ? mari kita simak penjelasan berikut :

a. Pasang meta tag (description, keyword, subject, abstrak)

Pasang kode meta tag berikut setelah kode <head>

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title> SEOWAPS | <data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>
<meta content='penulis atau admin' name='Author'/>
<meta content='global' name='distribution'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='EN,ID' http-equiv='content-language'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>
<meta content='2012' name='copyright'/>
<meta content='Isi dengan deskripsi blog' name='description'/>
<meta content='Isi dengan kata kunci' name='keywords'/>
<meta content='Isi dengan subyek atau bahasan utama blog' name='subject'/>
<meta content='Isi dengan abstrak atau ringkasan konten blog' name='abstract'/>
<meta content='translate' name='google'/>
<meta content='index follow' name='robots'/>
<meta content='index follow' name='googlebot'/>
<meta content='index follow' name='msnbot'/>


Ubah yang berwarna merah 
sumber kode : SEO waps

b. Pasang breadcrumb 

Apa itu breadcrumb ? temukan jawabanya di artikel berikut cara-membuat-breadcrumb-gaya-metro-ui. , breadcrumb berfungsi untuk memetakan suatu struktur blog misal : artikel ini berlabel SEO on page , dan blog maka breadcrumb akan memetakan semua direktory artikel tersebut terletak , jadi breadcrumb itu bagaikan uraian letak dari artikel tersebut. 

c. Pasang sitemap


Sitemap merupakan unsur blog yang sangat penting, biasanya template jaman sekarang sudah dilengkapi dengan sitemap , namun sitemap tersebut belum bekerja secara optimal , lalu bagaimana cara memasang sitemap yang baru untuk Trik SEO on page? silakan buka link berikut untuk membaca artikel Cara membuat sitemap SEO friendly

Lalu apa itu sitemap ? sitemap adalah sebuah fitur yang dipasang untuk memetakan struktur blog atau direktory blog , direktory berarti folder dan foldernya blog adalah label yang berarti mengelompokan artikel , jadi sitemap berfungsi untuk mengelompokan beberapa artikel agar mudah di telusuri serta lebih mudah mengetahui topic dari pembahasan artikel tersebut. sitemap juga berfungsi meemudahkan mesin pencarian memetakan blog.

Baiklah sekian artikel kumpulan cara dan trik seo on page , semoga membantu anda .



Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar
Syaikal
admin
21 Maret 2015 pukul 09.09 ×

wah,ini dia yang wajib di pelajari bagi blogger pemula seperti saya..
visit blog saya gan,masih pemula.
jangan lupa berkomentar dan Join Juga di blog gue :D
http://syaikal.blogspot.com

Reply
avatar
Deni Saputro
admin
21 Maret 2015 pukul 09.43 ×

lengkap bngt nih tips nya....

lngsung ane praktekin di http://www.kliniktekno.com

Reply
avatar
21 Maret 2015 pukul 09.51 ×

ok gan SYAIKAL RAHMAN sama gan DENI SAPUTRO , makasih buat kunjungannya

Reply
avatar
Takengondev
admin
18 Mei 2015 pukul 01.05 ×

Mantap sekali tulisannya gan..terima kasih atas tipsnya..
mampir juga gan.
http://takengon-dev.blogspot.com

Reply
avatar
20 Mei 2015 pukul 01.40 ×

ok gan , makasih juga buat kunjungan nya , mantab

Reply
avatar
4 September 2015 pukul 17.19 ×

keren gan, ditunggu kunbalnya http://jaketparka.blogdetik.com/2015/09/05/jual-jaket-parka-bandung-murah-parka-casual-jaket-parka-cewe-bekasi

Reply
avatar
Thanks for your comment