Pengertian CMS dan kegunaanya

Pengertian CMS dan kegunaanya


Apa itu CMS ? pasti beberapa dari anda pernah membaca kata CMS , Sebelumnya Pada beberapa tahun yang lalu menjadi seorang webmaster merupakan hal yang sulit, dahulu menjadi webmaster harus menulis kode html dari awal sampai akhir , namun kini ha itu dimudahkan dengan hadirnya CMS. Dengan CMS webmaster dapat membuat konten mereka dengan mudah tanpa menulis kode html, nah sebenarnya apa itu CMS ?

CMS (Content Management System)


CMS merupakan aplikasi web yang digunakan untuk management konten suatu website, dengan CMS kita dapat editing, maintance, dan membuat konten dengan lebih mudah. Dengan hadirnya CMS semua orang dapat menjadi blogger, CMS yang telah banyak digunakan oleh blogger adalah seperti wordpress dan blogspot, wordpress dan blogspot merupakan salah satu CMS yang sering digunakan oleh blogger ada pula CMS seperti joomla, mambo dan lain – lain. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh CMS adalah template, dengan hadirnya fitur template di CMS webmaster atau blogger tidak perlu bersusah payah dalam menyusun kode html untuk membuat template cukup memilih template yang diinginkan atau diupload. Kesimpulannya CMS adalah aplikasi website yang digunakan sebagai antarmuka antara website dengan webmaster untuk mengatur management konten website.



Bagaimana cara kerja CMS ?


Sebuah CMS memerlukan sebuah database untuk menyimpan segala data berupa pengaturan, tampilan dll, Yang nantinya data tersebut akan diakses oleh webmaster sesuai dengan keinginannya.

Kemampuan yang dimiliki CMS


1. Mengatur management konten


CMS dapat dengan mudah mengatur dan memanagement segala konten berupa gambar, video, text, dan file lainnya. CMS dapat menyimpan dan menampilkan gambar, video dan text dengan mudahnya dengan serangkaian perintah melalui aplikasi interface. Kemudian dengan CMS anda juga dapat mengedit konten yang telah dipublikasikan kedada publik, menghapus konten, mendesain konten dan lain – lain yang berhubungan dengan management.

2. Mengubah template dengan mudah


Dengan CMS anda dapat dengan mudah mengatur dan mendesain template anda dengan mudah tanpa menulis kode html dari awal, cukup menambahkan widget, menambahkan beberapa kode html seperti meta tag, kode CSS karena CMS sudah menuliskan dasar – dasar kode template seperti <head> <body> dan <title> .

3. API (Aplication Programing Interface)


Dengan dilengkapi API , anda dapat mengembangkan CMS anda sendiri sesuai dengan kebutuhan, seperti halnya blogger, kita dapat mengubah pengaturan komentar, pengaturan wrapper, dan pengaturan pos sesuai dengan keinginan diri sendiri.

4. Menyediakan cpanel atau control panel


Yang berfungsi sebagai pengaturan system website seperti domain, bahasa, setelan dll.

5. Manajemen Workflow


Ketika anda mengupdate artikel atau melakukan perubahan maka secara otomatis workflow akan bekerja dan menyimpan catatan terakhir updatean tersebut.

6. Manajemen User


Tentunya sebuah website pasti mempunyai beberapa pekerja yang diperlukan untuk mengatur segala isi website tersebut sesuai dengan perkerjaanya seperti administrator, Writer, Desainer, dan Miantance. Di blogspot hal ini ditunjukan dengan dapat menambahkan seorang user penulis kedua selain administrator tetapi mempunayi kewenangan berbeda.

7. Management artikel.


CMS dapat mempublikasikan artikel dan juga dapat memasukannya ke daftar draf.


Previous
Next Post »

5 komentar

Click here for komentar
7 April 2015 pukul 09.53 ×

masih keren agan deh hehehe :D

Reply
avatar
7 April 2015 pukul 10.05 ×

Lebih singkatnya , CMS itu memudahkan kita dalam mengelola website :)

Reply
avatar
8 April 2015 pukul 02.09 ×

wah kesimpulan yang mantab mas kizeh , makasih buat pencerahannya :D kayaknya penjelasan ane terlalu rumit :v

Reply
avatar
Dewa Poker
admin
5 Juli 2016 pukul 08.15 ×

terima kasih min atas informasinya,
artikel-atrikelnya sangat berguna, Semoga sukses ya min :)

Reply
avatar
Thanks for your comment