Kriteria blog yang disukai oleh google

Kriteria blog yang disukai oleh google

Kriteria blog yang disukai oleh google


Kriteria blog yang disukai oleh google .berjumpa lagi dengan artikel saya, kali ini saya akan membagikan kepada anda artikel yang tak kalah bermanfaat dan bagusnya dengan artikel sebelumnya, yaitu kriteria blog yang disukai oleh google. Google merupakan situs mesin pencarian teramai dan nomor satu di dunia dengan kecepatan pencarian rata - rata 0,5 detik atau tergantung dengan lokasi dan kualitas jaringan daerah. Sebagai mesin pencarian nomor satu , google dijadikan acuan blog dan situs di dunia sebagai tolak ukur suksesnya suatu blog atau situs bahkan google dijadikan sarana promosi atau bertemunya antara pembaca dan artikel. Maka dari itu ada baiknya jika kita mengetahui apa saja yang kriteria blog yang disukai oleh google . Berikut kriteria blog yang disukai oleh google :

Kriteria blog yang disukai oleh google

A. Blog yang disukai oleh google adalah blog yang dibuat untuk pembaca bukan blog untuk adsense (MFA)

Google paling suka blog yang dibuat untuk pembaca daripada blog yang dibuat untuk adsense atau lebih dikenal dengan MFA. Kenapa google lebih suka blog untuk pembaca ? sudah pasti karena google ingin blog yang memiliki kualitas baik , dan kualitas baik pasti dihasilkan jika blogger bertujuan membuat blog untuk pembaca dan tak terfokuskan ke adsense justru terfokuskan ke pembaca. Jika blogger meletakan dasar tujuan ke pembaca secara otomatis blogger akan memperhatikan pembaca dan menulis artikel dari sudut pandang pembaca. Coba bandingkan blog MFA dengan blog untuk pembaca , sudah pasti lebih bagus blog untuk pembaca. Namun jangan khawatir bagi anda yang ingin memasang adsense untuk blog anda karena yang dimaksud blog MFA adalah blog yang dari awal bertujuan untuk adsense. Lalu bagaimana jika sudah terlanjur membuat blog untuk MFA ? Jangan khawatir bagi anda yang sudah terlanjur MFA karena sudah banyak blog MFA justru berada di peringkat atas SERP google dan sukses karena bagaimanapun juga google adalah robot dan tak secerdas manusia yang bisa mengenali blog MFA atau bukan. Satu hal jika anda ingin membuat blog MFA yaitu jangan pernah mengungkapkan tujuan anda untuk MFA. agar google tidak mendeteksinya.

B. Blog yang disukai oleh google adalah blog yang memiliki backlink yang banyak (relevan)

Backlink adalah link yang menuju ke situs anda begitulah pengertiannya , namun google juga memerhatikan backlink yang berkualitas daripada backlink yang abal - abal. Backlink yang berkualitas adalah backlink yang dibuat oleh pihak lain , bukan dibuat oleh si pemilik blog atau disebut relevan. Google lebih suka backlink yang relevan, jika dilihat dari pengertiannya relevan berarti berhubungan dan saling berkaitan. Jadi maklum jika google mensukai backlink yang relevan karena backlink yang relevan sudah pasti berhubungan dengan topik dan backlink yang relevan sudah pasti berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Backlink yang relevan diketahui juga sebagai indikator artikel asli atau palsu. Lalu bagaimana google bisa membedakan backlink yang relevan atau tidak ? jawabannya terletak pada algoritma google penguin dengan cara kerja memfilter setiap situs yang memiliki backlink tidak wajar seperti backlink yang ada pada kolom komentar dan spam. Lalu bagaimana cara mendapat backlink yang berkualitas ? baca artikel berikut untuk lebih jelasnya :



C. Blog yang disukai oleh google adalah blog yang memiliki keyword density yang padat

Kriteria blog yang disukai oleh google


Apa itu keyword density ? google paling suka dengan blog yang memiliki keyword density padat , pengertian dari keyword density yang berarti density atau massa atau berat dan keyword adalah kata kunci jadi keyword density berarti berat suatu kata kunci jadi density berhubungan dengan padat atau tidaknya keyword, semakin padat keyword density semakin bagus. Bukti blog yang disukai oleh google adalah yang memiliki keyword density padat yaitu blog yang berkedudukan di peringkat 10 besar, blog - blog dengan peringkat 10 besar di SERP google bukan berarti tanpa alasan yang jelas justru menduduki peringkat 10 besar SERP google memerlukan usaha yang keras dan kriteria yang mantab tergantung dengan keyword density nya , semakin banyak keyword density nya semakin berpeluang menduduki peringkat 10 besar SERP google. Coba check artikel yang menduduki 10 pencarian google dengan seo tool SERP check, lalu bagaimanakah cara menduduki peringkat 10 besar google ? ingin tahu caranya ? baca artikel berikut :


D. Blog yang disukai oleh google adalah blog yang memiliki domain mandiri

Kriteria blog yang disukai oleh google


Jadi blogger itu juga harus berani modal jangan mengandalkan domain gratis terus menerus seperti blogspot dan wordpress. Blog yang disukai oleh google adalah blog yang memiliki domain mandiri atau sendiri seperti .com , .co.id , .net , .gov dan lain - lain. Kenapa google lebih menyukai blog yang memiliki domain sendiri alais mandiri ? google beralasan karena blog yang berdomain mandiri diyakini oleh google bahwa blog tersebut profesional dan berpengalaman namun jangan khawatir bagi anda yang masih pakai domain gratisan blogspot dan wordpress atau lebih disebut dengan subdomain karena banyak blog yang sukses tanpa modal domain berbayar seperti .com karena google lebih menyukai blog yang berkualits dan berkonten baik. Banyak juga blog yang gratisan menduduki peringkat teratas di SERP google. Coba check untuk pembuktian, atau lihat gambar dibawah ini

Kriteria blog yang disukai oleh google

Seperti yang terlihat diatas , bahwa gambar tersebut menunjukan blog yang menggunakan domain blogspot alias gratisan dapat menduduki peringkat 10 besar SERP google.

E. Blog yang disukai oleh google adalah blog yang Berumur panjang atau lama



Jika blog anda baru saja dibuat, berumur sekitar 6 bulan kebawah dan sepi pengunjung, jangan khawatir sebab google tidak suka dengan blog yang berumur pendek alias sebentar atau baru saja dibuat dan google suka dengan blog yang berumur lama. Jadi jangan khawatir bagi anda yang memiliki blog berumur pendek karena blog anda semakin lama akan semakin ramai. Bukti bahwa google suka dengan blog yang berumur lama yaitu ketika blog lama menduduki peringkat 10 besar SERP bahkan blog lama pun kerap menduduki peringkat pertama hasil pencarian google, hal ini juga dialami oleh blog mostoples yaitu bblog saya. Blog mostoples dibuat sekitar 4 tahun yang lalu dan sekarang berumur 4 tahun dan memiliki PV rata - rata 800 perhari. Itu tadi sebagai bukti bahwa blog yang berumur diatas 1 tahun pasti berpengunjug ramai tergantung kualitas konten. Lalu kenapa blog yang berumur lama disukai oleh google ? jawabnnya sederhana yaitu google menaruh kepercayaannya kepada blog lama untuk meduduki peringkat SERP 10 besar tergantung artikel yang dibuat sama halnya dengan kehidupan nyata yaitu sebuah toko yang berjualan telah lama kemudian mendapat pembeli banyak setiap hari karena caranya meperlakukan pembeli secara profesional , google berpikir juga seperti itu jadi google percaya kepada blog yang berumur lama karena google percaya bahwa blog tersebut memiliki profesionalitas yang tinggi , namun algoritma google yang mengatasi ini memiliki kelemahan yaitu tidak memandang kualitas konten, kerap ditemukan blog dengan peringkat dua di google memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan blog peringkat pertama. Jadi jangan khawatir bagi anda yang memiliki kualitas artikel kurang baik bisa jadi blog anda dapat mencapai puncak peringkat SERP google.

F. Blog yang disukai oleh google adalah blog yang aktif update artikel (minimal 1 artikel per hari) dan banyak komentar


Google memiliki algoritma tertentu yang mengecheck keaktifan update artikel suatu blog, jadi jangan malas - malas untuk terus update artikel karena akan berdampak bagi tingkat SERP anda di google. Sebagai bukti hal ini pernah saya alami , waktu itu saya jarang update artikel karena banyak kegiatan , saat saya terus update artikel justru PV blog meningkat drastis namun saat saya malas update artikel justru PV menurun tajanm. Di usahakan agar mengupdate artikel 1 per harinya agar blog anda terlihat aktif. Dan tak lupa juga blog yang aktif dapat dilihat dari banyaknya komentar dan jawaban admin dari semua komentar di blog, jadi jangan malas - malas untuk menjawabi semua komentar di blog anda , hargai pendapat dari komentator blog anda dan jangan lupa untuk terus membagikan artikel anda di media sosial untuk mengundang komentator lainnya agar blog anda terlihat ramai dan disukai google.

G. Blog yang disukai oleh google adalah blog yang menggunakan bahasa baku

Kriteria blog yang disukai oleh google


Salah satu kriteria dari adsense adalah bahasa baku yang digunakan artikel. Kenapa adsense ? karena adsense menyeleksi blog yang berhak untuk ditampilkan iklan yang akan dilihat oleh jutaan pembaca, baku atau tidaknya suatu tulisan artikel akan berdampak dari profesionalitas blog, google suka dengan blog yang resmi dan menggunakan bahasa baku karena google melihat dengan sudut pandang orang di seluruh dunia , secara logika jika kita menggunakan bahasa tidak baku , bagaiamana orang luar dapat mengetahui tulisan tersebut ? jawabnya pasti orang luar akan kesulitan mencerna bahasa tak baku itu dan sulit menerjemahkannya. Jadi gunakanlah dan tulislah artikel mu dengan bahasa yang baku indonesia jika ingin di sukai oleh google dan dapat beriklan adsense.

H. Blog yang disukai oleh google adalah blog yang beratribut nofollow 

Kriteria blog yang disukai oleh google


Pernahkah anda mendengar blog dofollow ? ya mungkin anda sudah mendengarnya namun apa itu yang dimaksud dofollow ? dofollow adalah atribut mengikuti suatu link dan mendandakan bahwa link tersebut diteruskan dan dicrawler oleh mesin pencarian, singkatnya dofolow adalah atribut penganggap, jadi jika sebuah link diikuti oleh atribut dofollow akan dianggap oleh mesin pencarian dan dihitung sebagai backlink, namun lawan dari dofollow adalah nofollow , lalu apa itu nofollow ? nofollow adalah kebalikan dari dofollow yaitu atribut yang dipasang agar link tidak dianggap dan tidak diteruskan oleh mesin pencarian. 

Lalu kenapa google lebih suka blog yang nofollow daripada blog yang dofollow ? itu karena blog yang dofollow lebih rentan berisi spam karena banyak blogger yang memburu backlink dari blog dofollow dan menanam backlink mereka di kolom komentar, jadi para spamer hanya meninggalkan jejak url blog mereka. Hal ini membuat google malas membaca blog yang semuanya berisi url yang tidak berguan sehingga mengakibatkan posisi SERP turun.

I. Blog yang disukai oleh google adalah blog yang memiliki artikel berkualias dan berkuantitas

Kriteria blog yang disukai oleh google


Banyak blog - blog yang menduduki peringkat 10 besar SERP karena memiliki kuantitas dan kualitas artikel yang baik , lalu apa yang dimaksud dari kuantitas dan kualitas tersebut ? Kualitas yang dimaksud adalah artikel tersebut memiliki ejaan yang baik , bahasa yang baik , unik , bermanfaat, dan yang terakhir bukan copas. Dan yang dimaksud dengan kuantitas adalah artikel tersebut memiliki jumlah kata yang banyak dan cukup sekitar 600 kata dan membahas permasalahan yang berat, Pernahkah kalian melihat artikel dengan posisi pencarian 1 dan mendapatinya hanya memiliki 50 kata ? mungkin pernah tetapi kebanyakan tidak karena google memiliki algoritma Panda yang mengurusi penyeleksian artikel tersebut berkualitas atau tidak.

Konten yang berkualitas 

1. Unik, Beda dari yang lain, Menggunakan bahasa yang baku, bermanfaat.

2. Relevansi atau saling berhubungan.

3. Padat informasi.

Konten yang berkuantitas

1. jumlah kata diatas 600 kata.

2. Pembahasan berbobot.

3. Memiliki banyak foto dan video.


Sekian artikel Kriteria blog yang disukai oleh google, semoga membantu anda dan bermanfaat bagi semua blogger , jangan lupa bagikan artikel ini untuk kemajuan sesama blogger 

Jika ingin copas silakan cantumkan sumber 









Previous
Next Post »
Thanks for your comment