Tips memperpanjang umur baterai laptop

Tips memperpanjang umur baterai laptop
Tips memperpanjang umur baterai laptop

Tips memperpanjang umur baterai laptop, Halo para pengguna laptop, tentunya sebagian pembaca adalah pengguna laptop karena telah membuka artikel tentang Tips memperpanjang umur baterai laptop. Baterai laptop merupakan salah satu komponen utama laptop karena tanpa itu laptop tidak akan hidup dan baterai laptop merupakan komponen laptop yang rawan rusak atau berumur pendek dikarenakan penggunaan yang tak wajar selain itu terlalu sering dicas berlebihan lebih dari 10 jam yang dapat membuat baterai melembung atau over capacity, sebelum itu anda harus mengetahui jenis jenis dari baterai laptop karena beda jenis beda juga perawatannya tapi hanya beda sedikit, diantaranya yang paling sering digunakan adalah NiMh(nikel metal hybride) dan Li-ion(lithium ion). Dan bagaimana cara perawatan baterai pada umunya agar umur baterai panjang , berikut tips – tipsnya :

CHARGER LAPTOP ANDA SETELAH PEMBELIAN SESUAI DENGAN WAKTU YANG DIANJURKAN

Pada umumnya laptop dianjurkan untuk dicas selama 7 – 8 jam, nah kenapa hal ini dilakukan , hal ini dilakukan agar sel – sel yang terdapat di dalam baterai bekerja efektif pada pemakaian pertama dan mengurangi degradasi atau pengurangan sel – sel pada baterai, tentunya hal ini lah yang mungkin menentukan umur baterai anda.

JANGAN TERLALU LAMA DI CHARGE ATAU DICAS

Pernahkah anda mendengar jika baterai dicas terlalu lama mengakibatkan kebocoran terhadap baterai ?, jika pernah mungkin hal itu merupakan kesalahan karena pada jaman sekarang hamper semua teknologi yang memakai baterai seperti laptop maupun smartphone sudah dilengkapi dengan system yang canggih yang disebut auto cut sehingga jika baterai sudah penuh system akan segera memotong aliran listrik , itupun juga berlaku untuk laptop seperti laptop saya tapi system ini sedikit berbeda , kebanyakan laptop akan memasang batas 80% sebagai full capacity agar ketika kita lupa mencopot charger kita walaupun sudah penuh maka tidak akan terjadi kerusakan pada sel – sel baterai , umumnya pada laptop baterai di set penuh pada kapasitas 80% hal ini dilakukan agar pengisian tidak overcapacity. Tapi untuk jaga – jaga dan semakin memperpanjang baterai anda tetap jangan charger laptop anda terlalu lama karena meski sudah dilengkapi system auto cut akan berpengaruh sedikit bagi kesehatan laptop anda.

JAGA TEMPERATUR LAPTOP (GUNAKAN FAN LAPTOP)

Laptop yang panas diakibatkan oleh kerja komponen – komponen utamanya bekerja terlalu berat, pada hal ini baterai juga ikut ambil bagian yang membuat panas laptop , lalu apa hubungannay dengan umur baterai ? ketika baterai panas sel – sel yang terdapat di dalam baterai akan mengalami degradasi yaitu pengurangan jumlah sel – sel atau kerusakan sel dan dapat menyebabkan baterai lebih cepat habis atau boros yang disebabkan sel – sel baterai yang berkurang akibat kepanasan sama seperti tubuh manusia , ketika manusia mengalami demam sel – sel tubuh banyak yang rusak dan akan menyebabkan penurunan fungsi tubuh tetapi tubuh manusia dapat memperbaiki sendiri beda dengan baterai, maka dari itu “lebih baik mencegah daripada mengobati “ motto ini cocok diterapkan juga pada baterai selain manusia.

GUNAKAN MODE POWER SAVER

Cara ini merupakan hal yang paling mudah dilakukan , anda hanya perlu menerapkan mode power saver pada laptop , lalu apa pengaruhnya terhadap umur baterai ? tentu saja kerja yang optimal memerlukan energy yang besar , jika kita terlalu sering memasakan fungsi baterai dengan mode high perfoma maka baterai akan cepat lelah sama seperti manusia adakalanya manusia itu santai – santai dan adakalanya manusia dituntut cepat, maka dari itu buat baterai laptop anda santai dengan mode power saveryang sudah disediakan oleh masing – masing laptop. Dalam mode ini tentu saja perfoma system akan berkurang karena menyesuaikan perfoma baterai.

JIKA MEMUNGKINKAN GUNAKAN LAPTOP TANPA BATERAI , SAMBUNGKAN LAPTOP LANGSUNG DENGAN LISTRIK

Cara ini merupakan cara yang paling ampuh Karena dengan begitu sama saja baterai tidak bekerja sama sekali alias istirahat dan baterai juga tidak mengalami apapun, tetapi jika pekerjaan belum di save tiba – tiba mati lampu , resiko tanggung sendiri , hal ini bahkan dapat mengakibatkan bad sector terhadap hardisk jika laptop terlalu sering mati mendadak , sebaiknya cara ini dilakukan apabila keadaan mendukung.

ATUR SIRKULASI UDARA LAPTOP LANCAR

Sirkulasi laptop
sirkulasi laptop


Hindari menggunakan laptop diatas bantal, sofa, kasur, atau tempat yang sekiranya dapat menghambat sirkulasi udara laptop yang dapat menyebabkan laptop menjadi overheating atau kepanasan karena udara panas yang dihasilkan oleh komponen – komponen laptop terhambat dan tidak bisa keluar dengan lancar , maka dari itu gunakan fan dan gunakan laptop ditempat yang dianjurkan seperti meja, lantai, dan tempat datar lain. Kasus ini pernah dialami oleh tetangga saya yang menggunakan laptop tanpa fan dan diatas kasur selama berjam – jam, hasilnya prosecore laptop hangus dan rusak , hal ini pun tidak hanya merusak baterai , prosecore pun juga terimbas.

JANGAN CHARGER BATERAI SAAT HAMPIR HABIS

Walaupun cara ini tak terlalu berpengaruh tetapi sebaiknya cara ini dilakukan secara terus menerus karena laptop yang dicas saat hamper habis dibandingkan laptop yang dicas pada kapasistas 50% < lebih awet dicas pada kapasitas 50% keatas , hal ini berdasarkan penelitian , entah apa penyebabnya.

Sekian tips dan cara yang saya bagikan kepada anda, semoga baterai anda tetap awet muda dan jangan lupa untuk selalu menjaga baterai anda, saya sarankan anda memasang software khusus untuk baterai.


Terima kasih telah membaca Tips memperpanjang umur baterai laptop, Arigatou gozaimasu
Previous
Next Post »
Thanks for your comment