Perbedaan Mendasar blogger dan Wordpress

Perbedaan Mendasar blogspot dan Wordpress

Perbedaan Mendasar blogspot dan Wordpress, Sebagai blogger tentunya kita tahu apa itu blogspot dan wordpress, tidak perlu saya jelaskan apa itu wordpress dan blogspot tentunya anda sudah tahu apa yang dimaksud, Dari sekian hosting atau penyedia layanan website gratis yang paling banyak digunakan adalah Blogspot dan wordpress, Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang perbedaan mendasar blogspot dan wordpress yang perlu anda ketahui. Sebenaranya anatara Blogspot dan wordpress kedua hosting ini memiliki keunggulan dan kekurangan yang sama alias imbang karena perbedaan yang tidak dimiliki oleh keduanya. berikut perbedaan mendasar blogspot dan wordpress :

1. SEGI DOMAIN 
Blogspot menggunakan subdomain seperti namanya yaitu blogspot.com dan jika ingin mengubah atau menghilangkan domain tersebut anda harus menggunakan jasa pembuatan domain yang berbayar, dalam hal ini pihak blogspot tidak menyediakan plan khusus untuk pengubahan domain.

Wordpress menggunakan subdomain wordpress.com seperti halnya namanya, berbeda dengan blogspot, dalam pengubahan subdomain wordpress menyediakan jasa atau layanan pengubahan subdomain yang pada mulanya contoh : www.mostoples.wordpress.com menjadi www.mostoples.com atau www.mostoples.co.id atau www.mostoples.net , sub domain com bisa diubah dengan net, gov, int, co,id , dan lain lain . Tetapi anda harus membayayar terlebih dahulu sebelum menikmati jasa domain, seperti gambar dibawah ini daftar harga domain.

2. SEGI DESIGN ATAU TAMPILAN 


Menurut saya (jadi ini masih opini ) dari segi desain 
Blogspot dalam desain mengutamakan kesederhanaan tanpa kerumitan dan desain tata letak dalam dashboard sangat friendly dan mudah dimengerti serta mendukung banyak bahasa termasuk Indonesia, dalam blogspot desain yang diberikan dominan berwarna orange cerah serta bergaya retro UI atau lebih dikenal gaya windows 8 

Wordpress desainnya pun juga sama dengan blogspot, dalam segi desain wordpress sedikit lebih rumit dibandingkan dengan blogspot yang lebih sederhana dan mudah dimengerti. dalam wordpress juga didesain serupa dengan retro UI berwarna biru gelap.

3. SEGI FITUR DAN LAYANAN 
Blogspot lebih sederhana dan menyediakan fitur dasar dan penting, dan blogspot lebih fleksibel dalam masalah edit html. dalam hal layanan yang diberikan oleh blogspot sangat mendukung dengan terkoneksi dengan akun gmail secara otomatis para blogger yang menggunakan blogspot akan terkoneksi dengan playstore, G plus , google, webmaster tool, youtube, google analistik, adwords, android, gmail, dan lain lain. dengan koneksi dan hubungannya dengan fitur eksternal para blogger dapat dengan mudah menshare artikel baru, mengembangkan blog dengan fitur yang berkaitan dan lain lain. dapat dikatakan fitur dan layanan yang diberikan oleh blogspot lebih fleksibel dan penting.

Wordpress lebih detail dalam urusan hal ini, tetapi untuk blogger yang bermigrasi dari blogspot ke wordpress mungkin akan mengalami kebingungan karena fitur yang disediakan sedikit banyak yang berbeda. seperti yang sudah saya tulis , fitur yang diberikan oleh wordpress lebih detail dan lebih lengkap seperti tema, dalam hal tema wordpress ahlinya karena menyediakan ratusan tema gratis dan premium yang dikelompokan berdasarkan kategori  tetapi wordpress kaku untuk menambah template dan mendesain template karena tidak ada fitur edit html, bisa dibilang ada dalam wordpress tetapi tidak bekerja seperti halnya edit html yang diberikan blogspot.





Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
26 Februari 2015 pukul 06.36 ×

ooo.. bedone ngene to. terima kasih.

Reply
avatar
Thanks for your comment